Selasa, 10 Januari 2012

SELAMAT TINGGAL 2011

Oleh: Lalu Pangkat Ali


Tahun 2011 sudah berlalu, sudah kita lewati. Tentu saja seperti pada waktu-waktu sebelumnya, setiap momen pergantian tahun, selalu saja diisi dengan berbagai macam acara. Ada yang menggelar renungan di dalam kamar, ada yang menggelar acara hiburan. Bahkan ada yang melekan hingga menjelang pagi. Namun, terlepas dari bagaimana cara mengisi detik-detik pergantian tahun itu, sebenarnya ada hal lain yang tak kurang pentingnya untuk menjadi bahan renungan.
baca selengkapnya
Sesunguhnya, pergantian setiap waktu, baik detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun, merupakan sebuah momentum untuk evaluasi. Evaluasi apa saja, termasuk prilaku, maupun prestasi dari masing-masing orang.
Kata orang bijak; hari ini lebih baik dari hari yang kemarin. Kalau hari ini tidak lebih baik dari hari kemarin, sebenarnya betapa manusia itu sudah merugi. Idealnya, hari ini harus lebih baik dari hari yang kemarin.
Waktu, sesungguhnya selain sekedar alat untuk menghitung perjalanan usia, lebih dari itu merupakan indikator untuk mengevaluasi dan momentum penting dalam intropeksi. Waktu juga adalah pembatas dan pengatur, agar dalam kehidupan ini berjalan teratur. Ada pagi ada siang, juga ada malam. Ada waktu kerja, istrirahat dan tidur. Semua itu dalam kehidupan ini, sudah merupakan suatu irama yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Semuanya sudah ditentukan. Karyawan harus masuk dan pulang kerja, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Begitu pula, setiap orang yang merencanakan sesuatu. Akan terasa sulit untuk dilaksanakan bila tidak ditetapkan waktunya. Maka muncul pula istilah, kehabisan waktu dalam mengerjakan sesuatu, karena semuanya punya punya deadline, punya batas waktu.
Terlepas dari semua itu, yang penting adalah, bagaimana mengisi waktu dalam kehidupan ini dengan kegiatan yang bermakna. Tidak penting berapa panjang sebuah pidato. Tapi, lagi-lagi kata orang apa isi pidatonya. Demikian pula dengan kehidupan ini. Tidak penting berapa panjang usia seseorang. Tapi yang penting adalah, mereka telah berbuat apa saja dalam mengisi hidupnya. Hal serupa juga berlaku bagi masa jabatan, usia sebuah daerah atau sebuah negara.
Melalui momen pergantian tahun ini, diharapkan ada perbaikan-perbaikan bagi perjalanan daerah kita dalam membangun masyarakatnya. Jika selama tahun 2011 lalu, masih terjadi penyimpangan, saling sikut dan saling sikat, kita berhrap, di tahun 2012 kali ini, tidak akan terjadi lagi. Mari sama-sama kita bertekad untuk memperbaiki diri. Yang jadi pemimpin, memimpinlah yang baik dan benar. Yang jadi pejabat, jadi karyawan, jadilah pejabat dan karyawan yang baik. Begitu pula dengan Ulama, rakyat, pengusaha. Harapannya, tentu akan dicapai cita-cita masyarakat maju, sejahtera dan adil.
Terakhir, saya mengucapkan; selamat tinggal tahun 2011, selamat datang tahun 2012. Semoga di tahun 2012 ini, masyarakat Lombok Tengah, bisa lebih sejahtera lagi. Sehingga akan semakin menambah kecintaan kita pada bumi tercinta, bumi Tatas Tuhu Trasna (Tastura). Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar